TRAINING FOR TRAINER GURAME 16 DI KALIBIRU

Bersyukur  saya masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan peserta Training For Trainer PAUD Nasional untuk batch 16.  Selalu ada cerita dibalik sebuah peristiwa dan pengalaman. Walaupun kala itu saya tidak bisa membantu di tim GURAME (Guru Asyik Menyenangkan) secara full 3 hari, tapi Alhamdulillah masih bisa ikut gabung di hari terakhir yaitu hari Ahad, 22 November 2015. Kala itu training selama 3 hari dilaksanakan di obyek wisata alam Kalibiru Kulonprogo. Selama gabung di tim GURAME rasanya selalu banyak pengalaman dan wawasan baru.

Pelatihan kali ini sungguh luar biasa, karena untuk menjangkau tempat pelatihan harus melewati medan yang luar biasa dan tidak mudah. Acara training GURAME memang berbeda dari yang lainnya. Untuk saat ini, tim memang mengemas bentuk pelatihan yang fun dan menyatu dengan alam, jadi jangan dibayangkan acara pelatihan yang berada di gedung pertemuan hotel yang mewah dan sejenisnya. Inilah yang membuat peserta pelatihan makin berkesan dengan pelatihan ini. Bahkan, ada peserta TFT yang sudah ikut pada pelatihan sebelumnya, masih ikut lagi di acara TFT berikutnya. Subhanallah..

Satu hal lagi yang unik dari pelatihan kemaren adalah antusias peserta dari yang muda sampai tua yang luar biasa. Peserta pelatihan ternyata tidak hanya yang muda saja, tapi yang sudah lanjut usia pun masih semangat untuk ikut TFT dan belajar bersama. Bahkan ada peserta yang sudah kepala 6 atau 7 yang masih ikut pelatihan. Ini saya kira hal yang luar biasa. Semangat menuntut ilmu memang tak ada batasan usia. Inilah satu hal yang bisa kita petik hikmahnya, yang sudah bisa dibilang tua pun masih semangat untuk terus belajar dan terus belajar. Semangat jiwa muda masih tertanam  dalam jiwanya. Mestinya kita mesti berkaca dari beliau-beliau, kita sebagai genarasi muda harusnya tak loyo dan terus menuntut ilmu, mencari bekal untuk hidup di dunia dan akhirat.

Kegiatan TFT pada hari terakhir adalah outbond dan memang melibatkan aktifitas fisik. Tapi nyatanya para peserta dari muda sampe tua bisa menakhlukkan  tantangan yang menguji andrenalin. Sama dengan hidup kita, pastinya banyak tantangan dan cobaan. Namun, apakah kita harus mundur menghadapi tantangan yang berat? Tentu tidak, tantangan untuk dihadapi bukan untuk dihindari. Sebuah masalah harus diselesaikan. Lari dari masalah tak akan menyelesaikan masalah. Betulkah begitu sobat?

Untuk menakhlukkan tantangan-tantangan itu, kita perlu sebuah keyakinan yang kuat, menghilangkan ketakutan dan tentunya harus percaya diri dengan kemampuan kita. Yakin, pasti bisa. Dalam hal ini ada yang namanya visualisasi. Untuk bisa sukses menakhlukkan itu semua, selain keyakinan yang kuat maka kita bisa membayangkan atau bisa menvisualisasikan kita bisa melalui tantangan itu dengan sukses. Jangan sampai terbersit dalam pikiran kita ketidakmampuan dan kegagalan. Pikiran negatif yang kita munculkan membuat keyakianan itu musnah dan kalau sudah demikian maka  kegagalanlah yang akan terjadi. Maka yakinlah, bahwa segala sesuatu, tantangan dan ujian  dengan izin Allah akan bisa diselesaikan syaratnya kalau kita mau meyelesaikannya dengan sungguh-sungguh. Tentunya sebagai manusia usaha merumakan hak penting yang harus dilakukan, lalu bagaimana ketika gagal? Toh memang terjadang Allah berkehendak lain. Bukanlah kegagagalan adalah kesuksesan yang tertunda, maka bangkitlah kembali, takhlukkan tantangan itu.

Itulah beberapa sekelumit catatan tentang TFT kemaren. Tentunya para peserta tak akan menyesal mengikuti event ini. Tak hanya ilmu yang didapat tapi juga banyak kenangan yang dibawa pulang oleh para peserta. Untuk itu, bagi yang belum ikut TFT, segera siapkan mental Anda dan nantikan TFT selanjutnya di bulan Februari…!!!!